BERDIRI DAN RUNTUHNYA KERAJAAN SINGOSARI

Dalam pada itu daerah Jenggala menjadi kian lama kian lemah sehingga akhirnya mesti dibawah perintahnya Kerajaan Kediri, dimana diberi wakil raja sendiri yang berkedudukan di Kertareja. Sedang daerah Malang diwakili oleh seorang wakil raja yang disebut Kuwu Tunggulametung.

Tapi etis politik dari Ken Angrok untuk mengasut rakyat telah berhasil, dan maksudnya untuk mendirikan pemerintahan sendiri di Jawa Timur telah tercapai.

Lalu nama dari Kertaraja dan Tunggulametung diganti menjadi Singosari. Demikian adanya sejarah yang singkat dari berdirinya Kerjaan Singosari.

Selama Raja-raja Singosari yang pertama hingga raja ke-empat boleh dikatakan tidak ada kejadian yang luar biasa pentingnya yang perlu dicatat didalam sejarah.

Tapi setelah sampai pada Raja Singosari yang ke lima ialah sampainya Raja Kertanegara, beliau sangat memperhatikan kesusastraan dan giat sekali memajukan
Agama Buddha dan dapat dikata seorang raja yang cakap dalam soal pemerintahannya, tetapi bersamaan dengan itu ada seorang peminum arak yang termashur juga, maka telah menimbulkan rasa kurang senangnya seorang perdana menterinya.

Perdana menteri yang tidak setuju dengan Raja Kertanegara itu adalah bernama Wiraraja, beliau diam-diam bersepakat dengan seorang kawannya bernama Jayakatuang (seorang yang menjabat pangkat adi-pati di Doho), untuk mengadakan perserikatan mendurhaka kepada rajanya dan mengadakan Coup d’etat terhadap Kerajaan Singosari.

Rahasia ini sebenarnya telah diketahui oleh seorang pegawai Negara dan telah melaporkan kepada Raja Kertanegara, tapi rahasia ini rupanya tidak begitu diperhatikan oleh Raja tersebut, hanya Wiraraja dipindahkan dan dijadikan adipati di Madura.
Tidak lama kemudian Singosari mengadakan gerakan tentara ke Andalas.

Dengan menggunakan kesempatan dimana kerjaan Singosari lagi kosong, Jayakatuang telah menggerakkan tentara yang menjadi pengikutnya untuk melakukan Coup de’etat guna merebut pemerintahan Kertanegara dan membunuh raja tersebut.
Sesampai disitu tamatlah riwayatnya Kerajaan Singosari.

bersambung…

About these ads

2 Responses

  1. saya suka sejarah jawa, karena ada banyak intriknya. kebetulan sekali say doeloe pernah magang di radya pustaka museum, i found that javanese is unique

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: