Tips jitu berhenti merokok

Merokok memang sangat mengasikkan bersama teman-teman sambil omong-omongan, ada tamu kerumah, sehabis makan apa saja bahkan setelah minum air putihpun kalau tidak merokok hidup ini selalu ada yang kurang.
Nah menurut ahli kesehatan (WHO) merokok sangat-sangat tidak berguna bagi kesehatan tubuh, karena sebagian ada yang bilang penghilang streslah, tanpa rokok sulit konsentrasilah dan banyak alasan yang dipaksakan
Zat-zat yang terkandung dalam rokok:
Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.
Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan.
Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.

Berhenti merokok inilah solusinya:

• Mulailah berhenti memikirkan rokok jangan hiraukan produsen rokok yang sangat gencar promosikan produk mereka
• Ubah kebiasaan merokok yaitu jangan merokok sehabis makan apa saja biasanya sebelum makanan habis sudah ingat rokok
• Ingatlah rokok itu beli tidak geratis, coba dihitung pengeluaran kalau satu pak rokok seharga rp 8000 habis sehari bahkan lebih jika ada tamu/teman yang ikut pakai, jangan-jangan lebih besar dari makan sekeluarga sebulan
• Bila sudah berkeluarga dan punya anak akan lebih baik anggaran rokok dipakai untuk beli susu untuk anak dan keluarga
• Minum air putih sebanyak-banyaknya, sebaiknya air masak suam-suam kuku. Jangan minum air berkafein seperti kopi atau teh, karena minuman ini biasanya membuat anda ingin merokok selepas meminumnya.
• Tahan keinginan Anda. Apabila Anda berhenti merokok secara bertahap, tiap kali Anda merasakan dorongan untuk merokok’ tunggu lima menit sebelum menyalakannya’, kata Dr. Powell. Setelah beberapa hari, perpanjang penundaan itu hingga 10 menit. Beberapa hari kemudian, perpanjang lagi menjadi 15 menit, dan seterusnya. “Anda akan menemukan bahwa dorongan untuk merokok semakin lama akan menghilang semakin cepat,” katanya.
• Sekali waktu bila ada acara besuk (mengunjungi orang sakit) atau ada kesempatan pergi kerumah sakit dimana kita tidak merencanakan ketempat tsb, liat-liatlah orang yang sedang dirawat disana dengan berbagai macam penyakit. Sangat tidak berterimakasihnya kita diberi kesehatan sama Tuhan malah nyedot racun(rokok)
• Jangan lupa berolah raga dan berdoa kepada Tuhan
Terima kasih anda telah menjalankan tip-tip diatas dan selamat anda sudah berhenti merokok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: