Geger Penyanyi Palsu Pada Pembukaan Olimpiade Beijing

Karena ingin tampil sempurna, China sebagai tuan rumah olimpiade 2008 melakukan kesalahan besar pada pembukaan olahraga terbesar di dunia dengan menggunakan suara palsu (lipsynch) penyanyi cilik Lin Miaoke. Dimana penyanyi asli lagu resmi pembukaan Olimpiade Ode to the Motherland Yang Peiyi, gagal tampil hanya beberapa menit sebelum acara dimulai. Dia tersisih karena dianggap kurang menarik akibat pipinya tembem dan gigi tidak rata.

Kontroversi suara palsu (lipsynch) itu mengundang kritik luas dari seluruh dunia dan mengurangi klaim Tiongkok yang menyebut acara pada Jumat (8/8) malam itu sebagai yang terbaik dan tanpa cacat. Untuk itu, Chen Qigang, perancang musik pembukaan, mengungkapkan cerita sebenarnya kemarin

Chen mengatakan, Lin Miaoke yang berusia 9 tahun dipilih tampil karena wajahnya yang cantik dan bukan untuk menyanyi. Alasan mengapa Lin Miaoke yang dipilih, karena kami memikirkan yang terbaik untuk bangsa ini, sesuatu yang sangat penting dan sangat serius. Anak yang tampil harus berparas cantik, memiliki perasaan mendalam, dan ekspresif.

Kenapa Chen melakukan itu karena ada desakan salah seorang pimpinan politbiro Partai Komunis yang hadir saat latihan terakhir menjelang pembukaan, mereka melihat penampilan penyanyi cilik tersebut dinilai kurang cantik

Setelah acara selesai, Lin Miaoke menjadi selebriti instan terpopuler di Tiongkok.. Foto Lin dengan gaun dan ikat rambut warna merah serta semburan kembang api di atas kepalanya telah dipublikasikan oleh koran-koran Tiongkok dan situs online tentang olimpiade ke seluruh dunia.

Lin Hui, Ayah Lin Miaoke mengakui meragukan suara putrinya saat mendengar suara Lin di televisi karena baru diajari lagu Ode to the Motherland 15 menit sebelum acara pembukaan dimulai dan beranggapan sebagai suara efek dari akustik stadion

Dan dimana Yang Peiyi ? menurut Guru Peiyi, Wang Liping, mengatakan, Peiyi adalah gadis yang cantik dan berkelakuan sopan saat di sekolah. “Dia juga sangat menyukai menonton opera Peking, karena itu dia rajin menyanyi,” katanya.

Penggunaan lipsynch pada pesta pembukaan Olimpiade, juga pernah terjadi sebelum Olimpiade Beijing. Penyanyi terkenal, Luciano Pavarotti, juga menggunakan lipsynch saat tampil pada pembukaan Olimpiade musim dingin 2006 di Turin, Italia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: