Indahnya Pelangi Terbalik di Cambridge

Keajaiban semesta

Keajaiban semesta

CAMBRIDGE – Bentuk pelangi terbalik mudah saja ditemui di dunia dongeng. Meski sangat langka, di dunia nyata hal itu ternyata bisa ditemui. Fenomena ini bisa dinikmati penduduk Cambridge, Inggris. Dengan mata telanjang sekalipun, mereka bisa melihat untaian pelangi yang bentuknya terbalik dari biasanya. Ilmuwan Inggris mengatakan bahwa itu dipengaruhi kondisi di lapisan atmosfer bumi.

Daily Telegraph melansir, seorang astronom Jacqueline Mitton berhasil mengabadikan fenomena itu pada Minggu (14/9). Dia mengatakan bahwa terbaliknya lengkung pelangi maupun susunan warnanya tersebut disebabkan tingginya kristal es yang terdapat di lapisan atmosfer. Nah, cahaya yang diterima kristal es tadi direfleksikan lagi ke langit.

Sedangkan pada pelangi normal terbentuk akibat sinar matahari yang menembus titik-titik air di angkasa. Di angkasa, pendaran cahaya tadi lantas terurai menjadi spektrum warna-warni.

”Saya sekarang berumur 60 (tahun) dan belum pernah melihat yang seperti ini,” kata Mitton yang juga anggota Royal Astronomical Society dan menulis buku-buku astronomi untuk anak-anak itu.

Mitton mengakui fenomena tersebut sangat mengesankan meski dia tidak bisa memperkirakan pelangi terbalik itu bisa dilihat di area seberapa luas. ”Cukup mengejutkan hal ini bisa terjadi di tempat seperti Cambridge. Biasanya, hal ini lebih banyak terjadi di area yang lebih dingin,” imbuh Mitton seraya menambahkan bahwa gejala alam itu bisa jadi lebih sering terjadi di daerah kutub.

Bentuk pelangi terbalik tersebut sangat langka terjadi. Pelangi istimewa itu melengkung ke atas sehingga bentuknya mirip simbol senyum warna-warni.

Warna pelangi terbalik itu tidak terlalu berbeda dengan pelangi biasa. Di bagian horizon berwarna merah. Lantas berpendar menjadi kuning dan hijau. Di bagian ujung berwarna biru.

Suami Mitton, Simon, menjelaskannya dengan pendekatan ilmu fisika. Menurut pria 62 tahun itu, warna-warna pelangi terbalik itu lebih cerah dibanding pelangi biasanya. Sebab, bentuk kurvanya langsung menunjuk matahari.
sumber : jawa pos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: